Monday, July 26, 2004

Perlukah kegiatan MOS dilaksanakan menjelang tahun ajaran?

http://www.sekolahindonesia.com/sidev/mading/DetailMadingArtikel.asp?iID_Artikel=3&iID_Sekolah=27&
Bpk. Agustinus Purwanto (Wakasek) (Kelas : N/A)
Email : 
N/A
Isi Artikel : 
Perlukah kegiatan MOS dilaksanakan menjelang tahun ajaran? Setiap orang akan menjawab secara berbeda tergantung kepada pemaknaan atas kegiatan itu sendiri. Bila kegiatan MOS sekedar bentuk luar dari penataran P-4 era orba tentu orang akan mengatakan tidak, Akan tetapi bola kegiatan MOS dimaksudkan untuk mengarahkan (orientasi) siswa agar semakin siap secara mental memasuki dunia SMU tentu sangat perlu.
Kegiatan MOS ala SMU St. Kristoforus IISMU Xto, demikian SMU St. Kristoforus II Sering disebut, mempunyai misi membekali peserta didik menjadi manusia unggul secara intelektual dan moral. Misi yang terumus secara singkat namun padat dengan makna tersebut diwujudnyatakan dalam setiap gerak nafas aktifitas di sekolah. Demikian juga dengan kegiatan MOS. Kegiatan yang selalu terjadi pada setiap awal tahun ajaran baru ini bukan sekedar kegiatan ceremonial awal tahun ajaran terhadap kegiatan yang terkait erat dengan proses perwujudan misi sekolah.
Oleh karena itu kegiatan MOS di isi dengan kegiatan - kegiatan yang sifatnya pemahaman terhadap konsep dan pengasahan terhadap mental-mental daya kreatif siswa. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari itu dibagi menjadi tiga jenis :
Kegiatan Asah Pemahaman.Pada kegiatan ini siswa/siswi baru diasah pisau pemahamannya untuk memahami arah Yayasan Dinannanda dan SMU St Kristoforus II, model belajar di SMU dan wawasan wiyata mandala.
Kegiatan asah kedisiplinanPada kegiatan ini, siswa / siswi dihadapkan pada tata tertib dan kedisiplinan di SMU, organisasi sebagai media aktualisasi diri, ketertiban dan kerjasama.
Kegiatan Asah Rasa.Pada kegiatan ini, siswa/siswi diasah kreatifitasnya dengan berbagai media, band, spontanitas seni, dinamika kelompok dan keberagaman aksesoris.Pada kegiatan ini sangat ditekankan pengenalan lingkungan sekolah, guru dan teman. Keakraban antar teman juga dengan kakak kelas diharapkan terjadi. Selain itu, rasa rendah hati dan kekuatan bertahan dalam situasi apa adanya dan benar-benar dibina pada kegiatan ini.Dalam seluruh kegiatan MOS diharapkan siswa/siswi semakin lebih siap memasuki dunia SMU St. Kristoforus II yang berbeda dengan dunia SMU lainnya karena SMU St. Kristoforus II mempunyai komitmen untuk membekali peserta didik menjadi manusia unggul bukan hanya secara intelektual tetapi juga unggul dalam moral.


No comments: