Monday, July 26, 2004

MOS dan Pengenalan Lingkungan Sekolah

Selasa,  20 Juli 2004 /Sriwijaya Post
http://www.indomedia.com/sripo/2004/07/20/2007gay1.htm

SEBELUM mengikuti pelajaran, siswa dituntut untuk mengenal lebih dahulu sekolahnya. Karena itu, setiap sekolah menggelar masa orientasi siswa (MOS) dalam upaya pengenalan lingkungan sekolah kepada para siswa baru.

BAGI JURUSAN — Hari pertama masuk sekolah, siswa di berbagai SMP dan SMA di Kota Palembang belum sepenuhnya belajar. Di antara kesibukan yang dilakukan adalah pembagian kelas dan pembentukan perangkat kelas. Seperti siswa baru SMKN 2 Palembang yang tengah melakukan pembagian jurusan, Senin (19/7). (Sripo/ria)
Kemarin, Senin (19/7), merupakan hari pertama mengikuti pelajaran di sekolah, baik bagi siswa baru maupun lama. Sebagian sekolah sudah belajar seperti biasa, kendati belum sepenuhnya. Tetapi mayoritas masih banyak sekolah yang belum melaksanakan aktivitas belajar mengajar. Ada yang masih pembagian kelas dan pembentukan perangkat kelas, yang dipandu oleh wali kelas.Selama masa orientasi, siswa baru sudah diberikan materi mulai dari pengenalan lingkungan sekolah, pengenalan guru, perpustakaan, laboratorium, kegiatan ekstra kokurikuler, kesenian, kesehatan jasmani, pengetahuan umum dan sebagainya. Sehingga, ketika hari pertama masuk sekolah kemarin, siswa tidak kebingungan lagi dengan tata letak sekolah.Kepala SMA Negeri 2 Palembang, Asmawati, SPd, mengatakan, masa orientasi di sekolahnya sudah dilakukan pada hari Kamis (15/7) hingga Sabtu (16/7) diikuti oleh 267 siswa baru. Bahkan saat momen MOS ini, sudah dilaksanakan pembagian kelas sekaligus pengenalan wali kelas masing-masing.“Supaya ketika siswa baru masuk hari ini (kemarin), mereka bisa langsung belajar. Mereka sudah mengenal kelasnya, sudah tahu wali kelasnya. Bahkan, perangkat kelas (ketua, sekretaris dan bendahara kelas) sudah dibentuk,” kata Asmawati, Senin (19/7).Sementara untuk kelas 2 dan 3, kendati di hari pertama sekolah diharapkan sudah bisa belajar seperti biasa, tetapi belum sepenuhnya. Karena masing-masing kelas di pagi hari, masih diatur oleh wali kelasnya. Diantanya membentuk perangkat kelas dan mengumumkan jadwal pelajaran.Hal senada dikemukakan pula oleh Kepala SMA Negeri 1 Palembang, Dra Darmi Hartati. Bagi siswa baru, memulai sekolah meski di hari pertama kemarin, tidak membingungkan lagi. Karena mereka sebelumnya, Kamis-Sabtu (15-17/7), sudah dibekali dengan pengenalan lingkungan sekolah sekaligus kelasnya masing-masing dengan mengikuti MOS.“Karena terjadi perubahan sekolah dari SMP ke SMA, maka perlu pengenalan lebih dahulu. Agar mereka (siswa baru) tidak terkejut ketika masuk sekolah. Termasuk dalam pelajaran pun, sudah diberi gambaran,” kata Darmi di ruang kerjanya.Aprian, salah satu siswa SMK Negeri 2 Palembang, mengaku banyak manfaat dengan mengikuti MOS terlebih dahulu. “Dengan begitu saya tidak bingung lagi dengan sekolah,” kata alumni SMP PGRI 1 Palembang ini.Hal senada secara terpisah dikatakan juga oleh Ulfa, salah satu siswa SMA Negeri 1 Palembang. Ia tidak perlu mencari-cari atau bertanya-tanya lagi tentang lokasi gedung sekolah, karena sudah diberikan pengenalan saat mengikuti MOS.“Saya tidak susah lagi mencari kelas. Di mana laboratorium, perpustakaan, kamar kecil, semua sudah diberi tau. Sama wali kelas dan guru-guru, sudah dikenalkan,” kata Ulfa. (khoiriah ys)

No comments: