Friday, August 27, 2004

Siaran Langsung Olimpiade dan Kekecewaan Taufik
Laporan : Asep Candra

Jakarta, KCM / Selasa, 24 Agustus 2004, 22:12 WIB

Taufik Hidayat mengaku kecewa perjuangannya di Olimpiade Athena 2004 tidak disaksikan jutaan rakyat Indeonsia karena tidak adanya siaran langsung.
Saat baru tiba di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (24/8) malam, Taufik mengutarakan kekecewaannya. "Saya kecewa saja tidak ada siaran langsung bulutangkis Olimpiade," kata Taufik yang mengalahkan pemain Korsel, Shon Seung Mo di final, Sabtu (21/8) lalu.
Ini merupakan kali pertama semua stasiun televisi nasional tidak menyiarkan siaran langsung final bulutangkis Olimpiade. Sejak Olimpiade Barcelona 1992, saat Susi meraih medali emas pertama, rakyat Indonesia dapat menyaksikannya secara langsung. Termasuk saat Susi dan Alan Budi Kusuma (1992), Ricky/Rexy (1996) dan Tony/Candra (2000) menangis saat memastikan kemenangan mereka di final.
Ketua umum KONI Pusat Agum Gumelar dalam sambutannya saat menerima rombongan atlet Olimpiade juga menyinggung tidak adanya siaran langsung Olimpiade ini.
Menurut Agum, pihak Indonesia telah mendapat teguran dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) karena hal ini. "Sebenarnya sudah ada stasiun televisi yang mendaftar, namun kemudian membatalkan diri," kata AGum.
Selama ini stasiun televisi yang secara rutin menyiarkan pertandingan bulutangkis Indonesia adalah Trans TV, stasiun televisi milik pengusaha Chairul Tanjung, mantan ketua umum PBSI.
Karena itu, menurut Agum, pihak KONI akan segera membahas hal ini. "kita berharap pada Olimpiade 2008 di Beijing, KONI dapat membeli sendiri hak siaran langsung tersebut," kaat Agum.
Seorang peminat bulutangkis Indonesia di Eropa menyebut menyaksikan perjuangan televisi melalui siaran BBC One. "Tetapi dipotong-potong. Untung saya masih menyaksikan saat Taufik menyelesaikan pertandingan. Menurutnya, komentator BBC One melafalkan nama Taufik Hidayat sebagai "Toufeq Haidiyiet."(Cay)
function WindowOpen1(url)
{
myWin1=open(url,"displayWindow","width=400,height=400,toolbar=no,menubar=no");
return false;
}

No comments: