Tuesday, August 31, 2004

Proyek pipanisasi gas BP dimulai

31 Agustus 04

JAKARTA (Bisnis): Proyek pipanisasi gas Beyond Petroleum (BP) Indonesia-yang berlokasi dari pantai utara Pulau Jawa ke PLTGU Muara Karang-mulai digarap dengan dikirimnya pesanan pipa baja oleh PT Bakrie Pipe Industries.
A.D. Erlangga, CEO PT Bakrie Pipe Industries (PT BPI) mengungkapkan pemasokan pipa baja ke proyek BP APN yang dilakukan kemarin, merupakan pengiriman tahap pertama dari lima tahap yang dijadwalkan.
"Pengiriman seluruh pipa yang dibutuhkan proyek BP APN akan kami tuntaskan sebelum akhir tahun ini," ujarnya di Jakarta kemarin.
BPI merupakan penenang tender pengadaan pipa baja untuk proyek penyaluran gas-melalui pipa bawah laut-yang akan dilakukan oleh BP Indonesia.
Perusahaan migas asal AS itu tengah mengembangkan lapangan gas di pantai utara Laut Jawa dengan nama proyek BP APN. Proyek pengembangan lapangan gas yang berlokasi sekitar 100 km ke arah timur laut Jakarta ini, berada pada kedalaman 15 meter hingga 45 meter di bawah permukaan laut.
Proyek BP APN akan membangun tiga anjungan monopod yang dihubungkan oleh jaringan pipa berukuran 24 inci. Pipa tadi akan mengalirkan gas dari lapangan APN ke jaringan pipa utama untuk kebutuhan PLTGU Muara Karang di Jakarta Utara
Erlangga menjelaskan kontrak pengadaan pipa untuk proyek BP APN sepanjang 78 km atau setara 15.000 ton, bernilai US$12,4 juta. Pipa-pipa yang dibutuhkan proyek itu, berukuran 24 inci dengan material API 5L grade X52 berketebalan 12,70 milimeter dan 14,30 mm.
BPI memenangkan tender pengadaan pipa untuk proyek BP APN setelah menyisihkan dua pesaing yang menawarkan pipa eks-impor dari Korsel dan Jerman.
"[Keberhasilan BPI] ini merupakan bukti bahwa perusahaan lokal pun sebenarnya mampu memproduksi pipa-pipa baja berkualitas," ujar Erlangga.
BPI memang telah berpengalaman memasok pipa untuk proyek migas berkala besar yang dibangun oleh perusahaan raksasa seperti PT Caltex Pacific Indonesia, Unocal, dan Pertamina.
Anak perusahaan PT Bakrie & Brothers Tbk tersebut memproduksi pipa baja untuk proyek migas dengan metode electric resistance welded (ERW) di pabriknya yang belokasi di Bekasi. (if)

No comments: